Selamat Datang Di Official Site of Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare

Profil STAIN Parepare

            Dinamika perubahan dunia kini merupakan kenyataan yang tidak terbantahkan dan telah menjadi hukum dasar dari segala yang ada di muka bumi, termasuk pada manusia dan lembaga Perguruan Tinggi. Semua lembaga, baik keagamaan, negara, maupun kemasyarakatan, tidak ada yang luput dari pengaruh dinamika kehidupan ini. Bahkan, kelestarian lembaga-lembaga itu, sedikit banyak akan di pengaruhi oleh sejauh mana mereka dapat menyesuaikan diri dengan irama perubahan tersebut.

            Sebagai lembaga pendidikan, STAIN Parepare juga tidak luput dari “hukum” tersebut. Kalau ia mampu mengikuti irama perubahan, maka ia akan “survive”, tetapi kalau lamban sehingga tidak bisa mengejarnya, maka cepat atau lambat lembaga akan tertinggal dan otomatis ditinggalkan masyarakat. Oleh karena itu, agar lembaga ini tetap bertahan, maka diperlukan keberanian mengadakan perubahan-esensial secara periodik. Lebih dari itu, jika ingin maju dan berkembang secara pesat, bukan hanya sekedar “survive” maka kita harus segera mengadakan perubahan yang lebih fundamental untuk mengantisipasi di masa depan sesuai dengan arah kecenderungan yang berkembang.
            Perguruan tinggi dalam meningkatkan Tridarma Perguruan Tinggi berkewajiban untuk mewariskan dan menginternalisasikan nilai luhur. Dan ini dapat dicapai secara maksimal apabila perguruan tersebut memiliki modal human-capital dan sosial-cafital yang memadai dan memiliki tingkat keefektifan yang tinggi. Itulah sebabnya mengelola perguruan tinggi tidak hanya dibutuhkan profesionalisme yang tinggi, tetapi juga misi/niat-suci dan mental yang kuat. Menjadi perguruan tinggi yang maju dan berprestasi tentu saja menjadi impian setiap civitas akademika STAIN Parepare. Dengan harapan bahwa prestasi mahasiswa jauh lebih tinggi dari yang bisa dicapai umumnya mahasiswa perguruan tinggi lain, terutama dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga terbentuk output berkualitas, customer puas, dan kepercayaan masyarakat tinggi.
 

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare sebagai lembaga pendidikan tinggi berwenang menyelenggarakan Pendidikan tinggi dalam berbagai Program Studi untuk jenjang pendidikan Strata satu (S1). Pada Tahun akademik 2011/2012 STAIN Parepare memberikan kesempatan yang luas bagi para lulusan Madrasah Aliah (MA), SMA, SMK dan Pondok Pesantren untuk menjadi mahasiswa yang menguasai keilmuan yang di dasarkan pada program studi masing-masing dan mampu memanfaatkan Al-Quran dan Sunnah menjadi sumber utama keilmuan melalui penguasaan bahasa arab dan bahasa inggris serta memanfaatkan Tehknologi Informasi Komunikasi (ICT).

Semoga dengan adanya Blogsite STAIN Parepare ini, bisa menjadi media Komunikasi dengan masyarakat luas dan pada akhirnya bermanfaat untuk khalayak sehingga STAIN Parepare lebih diminati, Dinanti dan Diberkahi. Amin

 
Powered By STAIN Parepare | Top